Sabtu, 11 Februari 2012

Penemuan Bulan di Orbit Jupiter

Penemuan terbaru dari astronom Amerika mengatakan bahwa telah ditemukan dua bulan baru yang mengorbit planet Jupiter. Dua bulan tersebut masing-masing disebut sebagai S/2011 J1 dan S/2011 J2. Dengan adanya penemuan ini, maka total jumlah bulan di planet Jupiter kini sebanyak 66 buah.

Bulan-bulan baru ini diamati pada 27 September 2011 silam dengan menggunakan Magellan Baade Telescope di Las Campanas Observatory, Chile. Diameternya yang sangat kecil (sekitar 1km) dan pencahayaan yang redup membuat bulan-bulan ini sulit diamati. Jaraknya dengan planet Jupiter juga terlampau jauh. Diperkirakan membutuhkan waktu sekitar 580 hari dan 726 hari bagi kedua bulan untuk mengelilingi planet Jupiter.

Seperti yang dilansir National Geographic, "kedua bulan ini adalah bagian dari objek Retrograde terluar dari Jupiter." Scott Sheppard, pakar dari Departement of Terrestrial Magnetism, Carnegie Institute for Science, Washington. Retrograde sendiri adalah bulan yang arah orbitnya berlawanan dengan arah rotasi planet. S/2011 J1 dan S/2011 J2 adalah dua dari sekian bulan yang tergolong dalam retrograde.

Scott Sheppard juga menambahkan bahwa kemungkinan Jupiter masih memiliki banyak bulan atau satelit yang serupa dengan S/2011 J1 dan S/2011 J2. Kedua bulan tersebut termasuk dalam golongan bulan irreguler atau bulan atau satelit yang mengorbit pada sebuah planet dari jarak jauh dengan orbit eksentrik dan cenderung miring. Diperkirakan, bulan-bulan ini berasal dari sebuah komet atau asteroid yang pernah tertangkap atau masuk dalam gaya gravitasi planet Jupiter.

Penemuan bulan-bulan ini baru diumumkan minggu lalu di Central Bureau for Astronomical Telegrams, International Astronomical Union.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Nice post gan...
2. Nice info gan...
3. Sangat bermanfaat...
4. Mantap gan
5. Dan lain-lain yang sejenis

Komentar seperti diatas tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah yang wajar, yang sesuai dengan tema postingan. Salam sukses dan terima Kasih...