Selasa, 07 Februari 2012

Facebook Menjual Sahamnya ke Publik

Rabu, 1 Februari 2012 akan menjadi hari bersejarah bagi perusahaan jejaring sosial terpopuler saat ini, Facebook. Rabu kemarin, United States Securities and Exchange Commission resmi menerima Form S-1 dari Facebook, Inc.

Apa itu Form S-1?
Form S-1 is an SEC filing used by public companies to register their securities with the U.S. Securities and Exchange Commission (SEC) as the "registration statement under the Securities Act of 1933". The S-1 contains the basic business and financial information on an issuer with respect to a specific securities offering. Investors may use the prospectus to consider the merits of an offering and make educated investment decisions (Wikipedia).

Singkat kata, Form S-1 adalah dokumen pendaftaran efek pada Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (United States Securities and Exchange Commision). Ini artinya Facebook, Inc akan melepaskan sejumlah sahamnya ke publik. Namun, jumlah persen saham yang akan dilego tidak disebutkan dalam dokumen setebal 199 halaman yang diajukan perusahaan besutan Mark Zuckenberg ini. Dokumen tersebut hanya menerangkan tentang IPO (Initial Public Offering) yang nilainya luar biasa, US$5 milliar. Nilai tersebut telah melampaui rekor IPO yang telah diukir oleh Google, Inc. Pada 2004 silam, IPO Google, Inc tercatat sebesar US$1,9 miliar.

An initial public offering (IPO) or stock market launch, is the first sale of stock by a private company to the public. It can be used by either small or large companies to raise expansion capital and become publicly traded enterprises (Wikipedia).

Sebenarnya, angka US$ 5 miliar bukanlah nilai IPO terbesar dalam sejarah. Banyak perusahaan teknologi lainnya yang mencatat IPO jauh diatas IPO Facebook, Inc. Diantaranya, NTT Mobile (1998) sebesar US$18 miliar, AT&T Wireless (2000) sebesar US$ 10.6 miliar, dan Telstra (1997) sebesar US$10.2 miliar.

2 komentar:

  1. Seandainya ada orang Indonesia yang berminat, pasti orang tersebut akan menjadi bulan-bulanan media massa di Indonesia... Ada yang berminat?

    BalasHapus
  2. Mantap... Saya sebenarnya berminat. Cuma terkendala di biaya saja. Haha

    BalasHapus

1. Nice post gan...
2. Nice info gan...
3. Sangat bermanfaat...
4. Mantap gan
5. Dan lain-lain yang sejenis

Komentar seperti diatas tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah yang wajar, yang sesuai dengan tema postingan. Salam sukses dan terima Kasih...