Senin, 13 Februari 2012

Makna, Ciri-ciri, dan Tujuan Wawancara Penyuluhan

Makna
Wawancara penyuluhan atau counseling interview adalah suatu pertalian antar pribadi kepada pribadi lainnya dimana individu yang satu memiliki masalah dan kebutuhan tertentu terhadap individu lainnya.

Ciri-ciri
Ciri-ciri khusus yang tampak dalam wawancara penyuluhan adalah sebagai berikut:
  1. Sebuah pertalian pribadi dengan pribadi
  2. Seseorang diantara individu yang terlibat didalamnya (pewawancara) menerima atau ditugaskan untuk menerima tanggung jawab untuk menolong individu yang lain.
  3. Orang yang diwawancaraiL (interviewee) mempunyai masalah, kebutuhan, hambatan-hambatan atau frustrasi yang dirobahnya, dilengkapkannya dan dipuaskannya.
  4. Kesejahteraan atau kepentingan orang yang diwawancarai merupakan pusat perhatian.
  5. Kedua individu yang terlibat dalam wawancara itu berkehendak untuk mencoba menemukan pemecahan terhadap kesulitan yang dihadapi oleh orang yang diwawancarai.
Tujuan Wawancara Penyuluhan
Terdapat berbagai tujuan atau latar belakang diadakannya wawancara penyuluhan. Oleh karena pertemuan dalam wawancara penyuluhan itu bersifat sangat individual, tujuan yang hendak dicapainyapun menjadi sangat individual pula. Setiap penyuluh dan klien dapat menentukan tujuan yang hendak dicapai dalam wawancara yang hendak dilakukannya. Tujuan wawancara tersebut dapat berupa:
  • Menciptakan hubungan baik
  • Meredakan ketegangan
  • Menyediakan informasi
  • Mendorong ke arah pemahaman diri
  • Mendorong ke arah penyusunan rencana yang konstruktif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Nice post gan...
2. Nice info gan...
3. Sangat bermanfaat...
4. Mantap gan
5. Dan lain-lain yang sejenis

Komentar seperti diatas tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah yang wajar, yang sesuai dengan tema postingan. Salam sukses dan terima Kasih...