Minggu, 06 Mei 2012

Tips Diterima Google AdSense 2012 Part I

Pertama-tama dan yang menjadi syarat mutlak diterimanya Anda sebagai publisher Google AdSense adalah dengan menggunakan TLD (Top Level Domain) untuk blog Anda. TLD sendiri adalah ekstensi pada baris terakhir URL blog Anda. Misalnya, .com, .net, .info, .org, dll.

Sewaktu masih menggunakan domain blogspot (Februari 2012), blog e-learning solutions milik Payabo pernah ditolak dengan alasan "Page Type". Hal tersebut menandakan bahwa domain yang digunakan tidak/belum memenuhi syarat sebagai publisher Google AdSense. Masalah "Page Type" akan ditemui pada blog yang masih menggunakan domain gratisan seperti blogspot.com, wordpress.com, dll. Sebenarnya penggunaan domain gratisan tersebut sah-sah saja. Saya masih sering menjumpai blog dengan domain blogspot.com yang ada Google AdSense-nya. Tapi, menurut isu yang beredar, katanya domain dengan embel-embel blogspot/wordpress itu bukanlah situs yang digunakan pada saat mendaftar. Jadi, situs yang digunakan untuk mendaftar adalah situs dengan TLD, kemudian pemilik AdSense memasang script AdSense-nya pada blogspot/wordpress miliknya.

Tutorial pergantian/perubahan domain dari blogspot.com ke .com tidak akan saya tuliskan pada postingan ini. Silahkan Anda mencari cara/tutorialnya di Google. Untuk masalah harga, saya juga tidak tahu pasti. Yang jelasnya, harga untuk pergantian domain sangat beragam, saat ini berkisar antara Rp. 80.000 hingga Rp. 90.000 untuk domain pertama. Jika domain yang Anda pilih pernah, telah, atau sedang digunakan oleh orang lain, maka harganya-pun akan naik berkali-kali lipat dari harga standar. Saran saya, pilihlah nama domain yang unik, relevan dengan konten blog Anda, singkat, dan mudah diingat oleh pembaca. 

Untuk screenshot mengenai penolakan e-learning solutions karena masalah "Page Type" tidak bisa saya tampilkan karena saya lupa di email yang mana penolakan tersebut dikirimkan. Maklum saja, blog tersebut sudah 88 kali ditolak (Februari 2012 - Mei 2012) dan telah menghabiskan lebih dari 50 e-mail untuk pendaftaran, hanya satu yang diterima.

Jika Anda telah menggunakan TLD namun masih saja ditolak, silahkan lanjutkan dengan meng-klik link dibawah. Siapa tahu masalah Anda akan terpecahkan pada pembahasan tersebut. Silahkan:

1 komentar:

  1. lagi asik2 baca, ko malah bersambung sich gan,, jadi gendok dech bacanya...
    padahal di buat satu halaman aja.

    saya juga pernah membuat artikel yang membahas tema yang sama, salam kenal aja dech...

    BalasHapus

1. Nice post gan...
2. Nice info gan...
3. Sangat bermanfaat...
4. Mantap gan
5. Dan lain-lain yang sejenis

Komentar seperti diatas tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah yang wajar, yang sesuai dengan tema postingan. Salam sukses dan terima Kasih...