Jumat, 02 Maret 2012

Tentang Google Affiliate Network

Google Affiliate Network adalah sebuah program yang berdiri dibawah bendera affiliate marketing. Secara singkat, affiliate marketing berarti sebuah praktek pemasaran yang akan membayar jika kita berhasil mengajak seseorang untuk bergabung dengan sebuah program atau membeli barang/jasa melalui saran dari pemain affiliasi. Misalkan Payabo adalah seorang pemain affiliasi yang menuliskan artikel tentang "belanja buku oline", maka ketika ada orang yang melakukan pembelian buku setelah membaca dan meng-klik link afiliasi yang terdapat di artikel Payabo, maka Payabo akan mendapatkan persenan komisi dari hasil pembelian buku tersebut.


Google Affiliate Network (GAN) sebelumnya dikenal dengan nama DoubleClick performics yang dibeli oleh Google pada tahun 2007. Google Affiliate Network didirikan dengan tujuan untuk mempertemukan penyedia barang dan jasa (advertiser) dengan penerbit (publisher). Cara kerjanya hampir sama dengan Google AdSense. Bedanya, Google AdSense berperan penunh dalam proses penayangan iklan. Sedangkan pada Google Affiliate Network, Anda bebas memilih iklan mana yang akan dan ingin Anda tampilkan. Penampilan iklan pada Google Affiliate Network tidaklah serupa dengan Google AdSense. Di Google Affiliate Network, Anda harus melakukan review dalam postingan yang memuat anchor link ke advertiser yang Anda pilih. Contohnya bisa dilihat pada postingan yang berjudul Miracles of milik nothingtosomething.

Keuntungan
Masing-masing advertiser dan publisher akan mendapatkan keuntungan jika bergabung di GAN. Keuntungan bagi advertiser adalah barang atau jasanya akan semakin dikenal lewat review yang dituliskan oleh publisher. Publisher sendiri akan mendapatkan reward dari review yang ditulisnya.


Akun
Terdapat dua jenis akun dalam GAN. Pertama, akun untuk advertiser. Akun ini ditujukan untuk para pengiklan atau pemilik usaha atau penyedia barang/jasa. Kedua, akun untuk publisher. Akun ini ditujukan untuk para publisher atau pemilik web. Tugasnya adalah mengajak atau menjaring pengunjung untuk melakukan pembelian terhadap suatu barang atau jasa dari advertiser lewat sebuah review.


Publisher

Dalam Google Affiliate Network for Publisher, Anda bebas memilih barang atau jasa apa yang akan Anda sarankan kepada pengunjung web Anda. Terdapat beragam kategori yang bisa Anda pilih. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar dibawah:


Pembayaran
Pembayaran akan dilakukan via Google AdSense


Cara Mengerjakan Job
Silahkan baca postingan Payabo yang berjudul Cara Mengerjakan Job di Google Affiliate Network

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Nice post gan...
2. Nice info gan...
3. Sangat bermanfaat...
4. Mantap gan
5. Dan lain-lain yang sejenis

Komentar seperti diatas tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah yang wajar, yang sesuai dengan tema postingan. Salam sukses dan terima Kasih...