Rabu, 14 Maret 2012

Cara Ampuh Mengurangi Stress

Stress
Stress pasti dialami oleh semua manusia, tidak terkecuali Anda yang membaca postingan payabo ini. Stress memang lekat dengan kehidupan manusia. Sebelum membahas tentang cara ampuh mengurangi stress, ada baiknya Anda mengetahui dulu tentang stress itu sendiri. Taylor (1997:755) states that stress is a condition in which a human system responds to changes in its norma balanced state. Stress berasal dari kata latin "stingere" yang berarti "keras" (stricus) yang kemudian mengalami perubahan istilah mulai dari straise, strest, stresce, hingga kemudian digunakan istilah stress. Berikut ini adalah daftar atau cara yang paling ampuh untuk dilakukan agar stress yang menekan bisa berangsur-angsur berkurang versi Payabo.

  • Luangkan waktu untuk membaca. Sangat banyak bahan bacaan yang bisa membantu Anda mengalihkan perhatian dari masalah yang membuat otak Anda penat. Bacalah bacaan yang ringan, mudah dimengerti, dan sesuai dengan minat Anda. Hal ini akan membuat otak Anda lebih santai dan mampu membuat pikiran Anda teralihkan dari tumpukan masalah yang membuat Anda stress. Humor adalah bacaan yang paling ampuh untuk mengurangi stress.
  • Berolahraga. Dengan berolahraga, tubuh Anda akan menjadi lebih rileks. Pilihlah tempat yang nyaman dan tenang. Misalnya di taman kota, pantai, atau olahraga indoor.
  • Liburan. Hal ini juga sangat ampuh untuk mengurangi stress. Berwisata bahari adalah pilihan yang jitu untuk mereduksi tekanan otak.
  • Mengingat pengalaman indah di masa lalu. Masa kecil adalah masa dimana kita tidak pernah berfikir tentang sesuatu yang rumit. Kenanglah memori indah Anda dimasa kecil dan bawa suasana indah tersebut ke masa sekarang. Bandingkan gaya berfikir Anda sewaktu Anda mendapatkan masalah diwaktu kecil dan sewaktu Anda mendapatkan masalah dimasa sekarang. Hal yang membuat Anda stress disebabkan oleh cara berfikir dan cara Anda memandang sebuah peristiwa.
"Manusia tidak terganggu oleh suatu peristiwa, tetapi oleh caranya memandang peristiwa tersebut." - Epictetus
  • Belajar tentang relaksasi dan self-hypnosis. Relaksasi dan self-hypnosis adalah pengobatan yang memanfaatkan kekuatan dari dalam diri Anda sendiri. Mengakses alam bawah sadar akan membuat Anda lebih tenang & bijak dalam menyikapi dan memandang sebuah masalah.

2 komentar:

  1. Kalau kata bang Haji rhoma Irama, Stress obatnya iman dan takwa serta mensyukuri apa adanya... Semua bisa stress...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelihatannya Anda adalah Rhoma Irama mania... Soneta, dijajal...

      Hapus

1. Nice post gan...
2. Nice info gan...
3. Sangat bermanfaat...
4. Mantap gan
5. Dan lain-lain yang sejenis

Komentar seperti diatas tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah yang wajar, yang sesuai dengan tema postingan. Salam sukses dan terima Kasih...