Selasa, 24 Januari 2012

Sasaran Evaluasi Kurikulum

Berikut ini adalah daftar sasaran evaluasi kurikulum, antara lain:
  • Tujuan pendidikan, baik tujuan kurikuler maupun tujuan pembelajaran. Penilaian tentang tujuan-tujuan itu ditinjau dari segi konsistensinya dengan tujuan institusional dan atau tujuan umum pendidikan nasional, ketetapan perumusannya, kesesuaian dengan taraf perkembangan dan kebutuhan siswa, kejelasan dan ketepatan struktur organisasinya, dan sebagainya.
  • Pengalaman belajar yang mencakup strategi pembelajaran, metode mengajar, dan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran. Penilaian tentang hal ini terutama ditinjau dari segi kesesuaiannya dengan tujuan yang akan dicapai serta ketetapannya ditinjau dari segi pebelajar, konten, fasilitas, serta tempat dan waktu, dan sebagainya.
  • Bahan pelajaran (konten) yang diprogramkan untuk mencapai tujuan tertentu, yang pada umumnya dinyatakan dalam berbagai pokok bahasan. Penilaian terhadap konten tersebut terutama ditinjau dari pandangan yang terbaru, keluasan dan kedalamannya, ketepatan urutannya, kesesuaian dengan perkembangan/kebutuhan/pengalaman pebelajar, dan sebagainya.
  • Komponen kurikulum lainnya, seperti: waktu yang disediakan, fasilitas yang tersedia, sistem evaluasi, dan sebagainya. penilaian hal-hal tersebut terutama ditinjau dari segi efektivitas dukungannya dalam membelajarkan pebelajar untuk mencapai tujuan pendidikan.
  • Kemampuan guru dan personal lainnya yang terlibat didalam implementasi kurikulum, terutama yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Penilaian ini terutama yang berhubungan dengan wawasan dan pemahaman pesan umum dari kurikulum, kemampuan mengelola program pembelajaran, dan sebagainya.
  • Pebelajar yang mengikuti program pendidikan, terutama dalam kaitannya dengan ketepatan analisis situasi seperti kesiapan mengikuti program pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang bersangkutan.
  • Dukungan iklim profesional sebagai konteks pelaksanaan kurikulum.
  • Hasil dan dampak kurikulum yakni yang berkaitan dengan hasil belajar pebelajar serta dampaknya di lapangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

1. Nice post gan...
2. Nice info gan...
3. Sangat bermanfaat...
4. Mantap gan
5. Dan lain-lain yang sejenis

Komentar seperti diatas tidak akan ditampilkan. Berkomentarlah yang wajar, yang sesuai dengan tema postingan. Salam sukses dan terima Kasih...